Pengenalan Kampus atau STIM Sukma sendiri menyebutnya dengan isilah PPL (program pengenalan lingkungan) adalah kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Yang mana seluruh rangkaian acaranya merupakan pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Dengan kata lain bahwa baik tidaknya kepribadian mahasiswa di sebuah perguruan tinggi dapat terlihat oleh baik tidaknya pelaksanaan kegiatan ospek di perguruan tinggi tersebut.

Pada dasarnya, Ospek merupakan pintu ilmu bagi mahasiswa-mahasiswi. Pintu itu akan dibuka dan dicermati atau dipelajari secara saksama oleh mahasiswa-mahasiswi baru untuk memperdalam ilmunya. Bila dari pintunya saja sudah buruk, maka pola pikirnya bisa saja terus menduga bahwa di dalam pintu akan sama buruknya.

Ospek merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab setiap Kampus untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan sekolah tinggi, prodi, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.

 

Program-Pengenalan-Lingkungan-S1 Manajemen-STIM-SUKMA-Medan

 

Ospek ini juga merupakan sarana untuk mencari bakat-bakat dari para calon mahasiswa yang masih tersembunyi. Selain itu, ospek juga merupakan sarana untuk saling beradaptasi agar bisa mengatur hidup mereka sendiri, karena mereka sudah bukan siswa lagi tapi sudah naik level, Mahasiswa.

Kegiatan ini biasa dilakukan oleh setiap kampus, meskipun beda bahasa, dan juga beda caranya. Jika dikampus lain pada umumnya di sebut Ospek, di stim sukma namanya PSPL. Adapun di stim sukma sendiri, kita melakukan kegiatannya selama 2 hari, yang pesertanya merupakan adik2 mahasiswa yang baru masuk. Berbagai kegiatan kita lakukan, dari acara seminar motivasi sampai permainan game2 seru yang mampu mengasah kekompakan dan melatih disiplin peserta pspl. Biasanya disini kita melibatkan seluruh tenaga kependidikan (staff) yang ada di stim sukma, jadi bukan hanya dilepas kepada kakak kelasnya. Agar kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan yang kampus harapkan. Back to nature, itu tema kita kita di pspl tahun lalu. Dimana kita menginginkan kepada setiap peserta didik baru, sadar akan lingkungan sekitarnya, dari hal yang kecil, tidak  buang sampah sembarangan, dan mengurangi penggunaan sampah plastik, dan yang serunya, para peserta diarahkan untuk masak sendiri, menu yang mereka oleh didapatkan dari hasil game2 yang mereka mainkan dan menangkan, semakin banyak nilai yang didapat, semakin banyak menu makanan yang bisa mereka olah. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua stim sukma Ibu Wardayani, SE, M.Si beserta seluruh civitas akademika stim sukma lainnya.

Adapun tujuan PPL ini antara lain :

  1. Mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
  3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, family dan dinamis.
  6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  7. Untuk bisa saling beradaptasi antar sesama mahasiswa.

Namun kegiatan ppl di stim sukma sendiri berbeda dengan kegaitan ospek pada umunya, dimana kegiatan ini biasa digunakan oleh kakak-kakak stambuk untuk balas dendam, tapi tidak di stim sukma, bahkan kita mengkampanyekan family campus, dimana setiap satu dan lainnya menganggap seperti saudara.

×

Hai!

Selamat datang di Situs Website S1 Manajemen STIM SUKMA MEDAN, klik pada salah satu Tim Support
kami dibawah ini, untuk berkomunikasi dengan kami via WhatsApp atau email Kami ke s1@stimsukmamedan.ac.id

× Hi! Butuh Bantuan ?
pmb stim sukma 2020